Grand Chase Indonesia melakukan update menjadi season Eternal pada awal bulan Oktober 2013. Season ini dibuka dengan kemunculan Edel Frost, Frosland, dan Gacha Dark Nightmare. Banyak perubahan terjadi pada season ini. Perubahan-perubahan tersebut antara lain:
- Status monster pada Hero Dungeon dan Raid Dungeon
Status monster pada Hero Dungeon FoH dan SoD, yang semula tergantung berdasarkan status para pemain, sekarang berubah menjadi fix (tetap). Jadi, pada season Eternal ini sudah tidak lagi sistem 'hitter-bugil', jadi semuanya harus hitter. Untuk PS, status monster meningkat, jadi menyelesaikan PS membutuhkan waktu dan perjuangan yang sedikit ekstra pada season kali ini. Sedangkan untuk RD (Verkas Lair), HP Verkas yang pada season sebelumnya hanya lapis 65 (kalau tidak salah), sekarang pada season Eternal menjadi lapis 450 (kalau tidak salah). Jadi, main PS dan Verkas sama-sama harus ekstra keras pada season ini.
Drop Boss Gate pada Champion mode digandakan. Yang semula hanya mendapat 1 Gate Chest dan 1~5 Gate Fragment, sekarang menjadi 2 Gate Chest dan 2~10 Gate Fragment setiap mengalahkan Boss Gate.
Life di dungeon menjadi 1 dan pemain dapat membawa semua potion di inventory-nya. Jika pemain masuk jurang tidak mengalami instant death, hanya mengalami pengurangan HP dan dan dapat respawn kembali secara otomatis (seperti sistem pada game Elsword).
Ini adalah perubahan yang paling berpengaruh, yakni perubahan sistem status pemain. Pada season-season sebelumnya, status dihitung berdasarkan attack, defend, dan vitality. Namun pada season Eternal ini, patokan status adalah TOTAL ATTACK, yang dihitung berdasarkan attack, special attack, critical chance, critical damage, dan MP recovery. Keterangan lebih jelas mengenai status, porperty, dan socket, klik aja
link ini.
- Property Equipment dan Socket Kartu
Selain perubahan pada status monster dan pemain, status pada property equipment dan socket kartu juga mengalami perubahan. Untuk status equip beberapa mengalami perubahan, sedangkan untuk property yang tersedia pada equip antara lain attack, defense, vitality, critical attacking power, critical defensive power, HP recovery, MP recovery, critical chance, critical damage, GP gain, attachment. Property-property tersebut tersedia semuanya pada setiap equip (sama rata), kecuali necklace, anklet, dan earring yang memang merupakan equip khusus dan memiliki property tertentu. Sedangkan untuk status pada kartu semuanya mengalami perubahan efek. Keterangan lebih jelas mengenai status, porperty, dan socket, klik aja
link ini.
- Level Benua Atum-Achemedia
Pada season sebelumnya, setelah pemain mencapai level 70 (kalau tidak salah), maka quest pada benua Atum dan Achemedia akan teregistrasi bersamaan secara otomatis, karena memang dungeon-dungeon pada kedua benua tersebut mempunyai level yang sama. Namun pada season Eternal ini, level dungeon pada benua Achemedia lebih tinggi dibandingkan dengan dungeon-dungeon yang berada pada benua Atum. Singkatnya, pada season lama: Xenia > Achemedia & Atum. Pada season Eternal: Xenia > Atum > Achemedia.
Gauge recovery pada serangan pet menjadi sedikit lambat. Damage dan MP recovery pada beberapa pet juga mengalami perubahan. Jadi pet yang 'dewa' pada season sebelumnya, mungkin menjadi pet yang biasa pada season Eternal ini. Kalau menurut orang-orang, Gwen, KOG Type-B, dan Choucring adalah pet gratisan yang memegang predikat pet terbaik pada season Eternal ini. Selain itu pet gacha pada season Eternal hanya dapat dimiliki oleh 1 karakter saja (tidak public). Pet gacha pada season Eternal di Grand Chase Indonesia dimulai dari Dark Nightmare.
Selain perubahan-perubahan di atas, perubahan-perubahan kecil lainnya juga ada, 'kata orang' skill Onrush milik Dio menjadi lebih sakit, pet Choucring menjadi lebih hebat daripada sirius, exp jadi lebih 'seret', dan lain sebagainya, namun saya belum dapat membuktikannya sendiri, karena memang saya bukan Dio user dan saya lebih memilih Gwen dibanding Choucring, dan untuk exp, memang sepertinya lebih seret sih. Kalau menurut saya sendiri, perubahan yang benar-benar nyata ya monster-monster di dungeon. Main di dungeon sekarang jauh lebih mudah, ya memang karena status kita meningkat secara drastis. Bahkan yang semula nge-champion di CoR dan RoK dikerjakan dengan 'ngos-ngosan', sekarang semuanya mudah. Wkwkw...
0 komentar:
Posting Komentar