Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 03 Oktober 2012

Panduan Pemula Membuat RPG

Panduan ini hanya untuk yang masih pemula, karena saya yakin artikel ini tidak akan membantu bagi yang sudah pro. Baik, langkah-langkah untuk membuat RPG adalah sebagai berikut:

1. Pertama, jelas download software-nya dulu dari internet. Terserah mau software apa, yang jelas software untuk membuat RPG. Lalu setelah itu install di komputer/laptop kalian

2. Kedua, kenali dulu software yang sudah kalian download yang nantinya akan kalian pakai untuk membuat game. Sekedar otak-atik atau klik ini itu. Jangan pikirkan yang lain. Cukup otak-atik saja. Kalau memang sudah benar-benar kenal, baru masuk ke langkah selanjutnya.

3. Ketiga, buat ide ceritanya. Kalau memang perlu, tulis sinopsisnya pada selembar kertas. Oya, mengapa pada astikel ini saya menghimbau untuk mengenali software terlebih dahulu daripada membuat cerita? Itu bertujuan agar kalian bisa menyesuaikan ide cerita yang kalian buat dengan apa-apa saja yang telah disediakan di dalam software. Kalau kalian membuat cerita dulu, maka nantinya cerita kalian akan kebablasan dan akhirnya ujung-ujungnya akan kecewa. Karena apa yang disediakan dalam software pembuat game hanya terbatas. Daripada ceritanya amburadul, kan mendingan otak-atik dulu, biar kalian bisa menyesuaikan cerita kalian  dengan kemampuan software.

4. Selanjutanya, buat mapnya, kalau memang perlu ya buat aja petanya di kertas kosong. Buat yang rapi dan proporsional, mapnya jangan kebesaran, atau malah kekecilan. Buat yang sedang-sedang saja, yang enak dipandang mata, jangan yang aneh-aneh (tidak wajar).

5. Lalu, settinglah hal-hal yang berkaitan erat dengan game (status monster, tangga experience, harga barang, drop item, dll). Kalau memang tidak ingin repot, ya biarkan saja sesuai settingan awal/default.

6. Baru setelah itu rangkai game yang sudah kalian rencanakan. Pasang map, tempatkan karakter, dan masukkan event-event yang akan muncul dalam game. Untuk merangkai game, maaf, saya tidak bisa menjelaskan secara rinci, karena jika dijelaskan pasti akan panjang lebar tinggi (sama dengan volume). Mungkin kalian bisa mencari referensi dari web lain mengenai tutorial penggunaan software.

7. Kalau gamenya sudah jadi, baru diberi secret event (jika ingin). Kalau menurut saya, RPG tanpa secret terasa hambar. Secret event adalah event rahasia yang hanya berguna sebagai selingan saja (sekunder, atau bahkan tersier). Secret event biasanya bersifat menguntungkan player, karena hanya player yang beruntung saja yang bisa menemukan secret. Contoh secret adalah misal si karakter A masuk ke shop pada saat malam hari, maka karakter A mendapat 1,000,000 gold. Bagi yang belum mudeng, silakan tanyakan kepada yang lebih senior, karena susah rasanya menjelaskan dengan kata-kata tentang arti dari secret dalam RPG.

8. Terakhir, publikasikan game kalian kepada teman-teman kalian. Apa gunaya jika game dibuat tapi tidak dimainkan. Tidak perlu malu/minder kalau gamenya pas-pasan. Ga usah takut diejek. Karena yang mengejek biasanya ga tau apa-apa, dan yang senior pun juga ga bakalan ngejek, karena mereka juga sudah tahu susahnya ketika mereka belum fasih mengugunakan software pembuat game. Mereka yang sudah ngrasain manis, asin, pahit kecut, rame, rasanya (rujak donk) dalam membuat game RPG juga tahu kebingungan para newbie waktu pegang software pembuat game untuk yang pertama kali.

Cukup sekian panduaannya, maaf kalau tidak banyak membantu, karena saya hanya memaparkannya secara tidak rinci (hanya garis besarnya saja). Teruslah berlatih dan jangan takut gagal...

0 komentar:

Posting Komentar