Oke, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang RPG Maker. Apa itu RPG Maker? RPG Maker adalah suatu software untuk membuat RPG dari Enterbrain (kalau ga salah). Yang saya bahas kali ini adalah perbedaan antara RPG Maker 2003 dengan RPG Maker VX jika dilihat dari banyak segi/fitur dari masing-masing software. Kenapa hanya RPG Maker versi VX dan versi 2003 saja yang saya bahas? Ya memang karena 2 versi itu saja yang sudah pernah saya download dan saya coba (malah curhat). Dari perbedaan masing-masing versi berikut, kita juga bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing versi.
1. Gambar
Kualitas gambar pada RPG Maker VX jelas lebih halus dan lebih enak dipandang. Dan untuk RPG Maker 2003 gambarnya masih kelihatan kotak-kotak.
2. Tampilan
Yak, yang kedua adalah tampilan. Menurut saya, tampilan RPG Maker VX jauh lebih rapi daripada RPG Maker 2003. Kotak pilihan untuk memasukkan event pun sudah digolongkan tergantung jenisnya. Berbeda dengan RPG Maker 2003, kotak pilihan untuk memasukkan event agak sedikit berantakan. Semuanya kelihatan campur aduk, sehingga sedikit membingungkan bagi yang baru belajar. Jadi saran saya bagi yang mau mencoba RPG Maker, lebih baik menggunakan RPG Maker VX karena semuanya tampak rapi dan simple.
3. Monster
Yang ketiga adalah monster. Variasi monster pada RPG Maker 2003 jauh lebih banyak, kalau tidak salah jumlah monsternya 115 monster. Sedangkan pada RPG Maker VX jumlahnya hanya beberapa saja, tidak mencapai 100 monster. Namun, pada RPG Maker VX monster sudah diurutkan dari yang terlemah (yang paling lemah terletak yang paling atas) ke yang paling kuat. Sedangkan pada RPG Maker 2003 monsternya ngga karu-karuan, 115 monster ga jelas mana yang kuat, mana yang lemah, karena tidak diurutkan. Jadi jika ingin tahu monster mana yang lemah ya dilihat satu per satu, atau kalau tidak set ulang semua aja status monster (pasti capek).
4. Backgroud Battle
Untuk background battle yang sudah disediakan oleh masing-masing software, menurut saya RPG Maker 2003 lebih unggul, karena telah disediakan banyak sekali background, terserah kita mau pilih yang mana. Sedangkan untuk RPG Maker VX background battlenya Cuma kotak-kotak gaje, setau saya sih cuma bisa diganti warnanya doank (warna defaultnya biru-hitam). Jadi background RPG Maker VX nampak membosankan dan sedikit aneh. Tapi saya juga tak tyahu apakah background RM VX bisa diganti atau ngga, entahlah.
5. Tileset & Map
Sedangkan untuk tileset, RPG Maker VX punya segudang pilihan. Banyak banget dan warna-warni (pelangi donk). Ada rel kereta, patung, pohon, perapian, dll. Sedangkan untuk RM 2003 jumlahnya tidak banyak, hanya beberapa saja. Tapi tetap okelah menurut saya. Mapnya juga sama, RM VX punya variasi yang lebih banyak dari RM 2003. Baik itu ikon (istana, desa,kota), laut, rumput, daratan, dll.
6. Bangunan
Untuk bangunan, RM 2003 sudah tersedia bentuk rumah-rumahan, namun hanya 1 jenis saja, jadi agak terkeasan janggal. Bagaimana tidak, di mana-mana rumahnya cuma itu-itu aja, inn, shop, blacksmith semuanya sama. Sedangkan untuk RM VX, kita yang membuat sendiri semua bangunan. Dari genteng/atap, tembok, jendela, pintu, dll. Kekurangannya ya itu, kita harus membuat satu demi satu setiap bangunan yang ada. Namun dengan membuat bangunan sendiri, maka bangunan –bangunan dalam game tampah lebih bervariasi dan tidak membosankan. Kelebihannya lagi, RM VX bisa diberi efek bayangan. Jadi, tanah/rumput yang berada di dekat suatu bangunan bisa diberi efek bayangan, nanti tanah/rumput yang diberi efek bayangan warnanya sedikit lebih gelap.
7. Pilihan Karakter
Pilihan karakter pada RM VX lebih banyak, baik itu karakter figuran (penduduk desa/kota, pedagang, raja, ratu, ahli besi, elf, dll) maupun karakter utama (karakter yang kita mainkan dalam game). Selain itu, pada RM VX telah disediakan gambar tokoh untuk masing-masing karakter. Oya, karakter pada RM VX juga sudah digolongkan, mana yang masuk karakter antagonis, protagonis, spiritual, villager/penduduk. Jadi menurut saya memang RM VX jauh lebih rapi dari RM 2003.
8. Battle System
Pada RM VX, battle system yang digunakan sejenis turn/giliran (mirip Suikoden II). Jadi, nanti setiap karakter dan monster nyerangnya gantian, tergantung speed, yang speednya lebih tinggi nakal nyerang duluan. Sedangkan untuk RM 2003 menggunakan gauge. Kalau gauge-nya sudah penuh, baru karakternya bisa nyerang. Cepat lambatnya gauge terisi sepertinya juga tergantung dari speed masing-masing karakter.
9. Tampilan Battle
Untuk RM 2003 battlenya lebih keren, karena karakter-karakter (party) kita kelihatan saat battle. Namun untuk tampilan battle pada RM VX party kita ga kelihatan, yang kelihatan cuma monsternya doank. Jadi kalo party kita nyerang ya cuma kelihatan sayatan pedangnya aja.
10. BMG
Baik, yang terakhir adalah BGM alias musik latar belakang. Untuk yang ini saya memang agak-agak lupa. Tapi pilihan BGM pada kedua versi sama-sama banyak, dan sama-sama rapi. Baik RM 2003 maupun RM VX BGM-nya sudah digolongkan menurut jenisnya (musik horor, musik perang, musik kematian, musik kemenangan, dll).
Jadi kesimpulannya, RM VX lebih unggul dalam hal kerapian, karena semuanya sudah digolong-golongkan. RM VX juga lebih simple dibandingkan RM 2003. Namun saking simplenya, variasi monsternya cuma sedikit, jadi menurut saya susah jika digunakan untuk membuat game yang ceritanya panjang. Sedangkan untuk RM 2003 monsternya banyak dan berantakan, sangat cocok untuk yang udah pro dan doyan banget bikin game yang super lama tamatnya. Tampilan battle RM 2003 juga lebih keren soalnya party kita kelihatan pas lagi battle (meski gambarnya sedikit kotak-kotak). Nah, jadi untuk yang masih nyubi saran saya untuk mencoba RM VX saja. Tapi kalau Anda memang penasaran dari masing-masing versi, ya silakan saja dicoba semuanya.
Oke, cukup sekian pembahasan saya mengenai RPG Maker versi 2003 dan versi VX. Maaf jika pembahasannya ada yang salah, karena saya memang agak-agak sudah lupa. RM 2003 dan RM VX pun juga udah ilang dari laptop saya gara-gara kena virus, saya juga ga lama-lama amat pegang tu software. Jadi bagi yang ingin menambahkan, meralat, atau yang sebagainya, silakan saja komen. Thankyou thankyou.
Rabu, 03 Oktober 2012
Perbedaan Antara RPG Maker 2003 dan RPG Maker VX
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar